Pengertian dan Contoh Kalimat Uncountable Noun

Uncountable noun merupakan kebalikan dari countable noun. Jika countable noun merupakan kata benda yang dapat dihitung, maka uncountable noun merupakan kata benda yang tidak bisa dihitung. Uncountable noun biasa disebut juga sebagai mass noun.

Kata benda ini biasanya hanya memiliki bentuk tunggal (singular). Contoh kata benda yang tidak bisa dihitung diantaranya: assistance, advice, art, air, coffee, fun, tea, milk, sugar, rice, flour, salt, love, sand, water, money, electricity, honey dan lain-lain.

Contoh Kalimat Uncountable Noun:

1. Bring me a cup of coffee please.
(Tolong bawakan saya secangkir kopi.)

2. How much sugar do you want?
(Berapa banyak gula yang kamu inginkan?)

3. The kids have a lot of fun playing with their friends.
(Anak-anak benar-benar merasa senang bermain bersama teman-temannya.)

4. I need a lot of money to buy a house.
(Saya butuh banyak uang untuk membeli rumah.)

5. I have so much love for him.
(Saya benar-benar mencintainya.)

6. There is no fresh air in this place.
(Tidak ada udara segar di tempat ini.)

7. You put too much salt in this soup.
(Kamu memasukkan terlalu banyak garam di sup ini.)

8. You can’t hold the sand.
(Kamu tidak bisa menggenggam pasir.)

9. I bought the rice in the Supermarket.
(Saya membeli beras itu di pasar swalayan.)

10. I need a glass of milk to make a cake.
(Saya butuh segelas susu untuk membuat kue.)

11. That village don’t have any electricity.
(Desa itu tidak mempunyai listrik.)

12. I need some advice from a doctor.
(Saya perlu nasihat dari dokter.)

13. Add some honey to your cake.
(Tambahkan madu ke kuemu.)

14. Give me a glass of water!
(Berikan saya segelas air.)

15. Hani has a lot of works to do.
(Hani punya banyak pekerjaan yang harus diselesaikan.)

Secara singkat dapat disimpulkan bahwa uncountable noun adalah kata benda yang tidak bisa dihitung. Contohnya kata water (air), tidak bisa disebutkan one water atau two water tetapi kita bisa menyisipkan kata benda lainnya seperti a glass of water atau some water, dan lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik