Pengertian dan Contoh Kalimat Countable Noun

Countable noun adalah kata benda yang dapat dihitung secara langsung yang menunjukkan jumlah. Ada dua jenis countable noun yaitu: singular (tunggal) dan plural (jamak). Perubahan dalam bentuk singular ke plural pada countable noun mengikuti aturan regular (pola beraturan) dan irregular (pola tidak beraturan).

Contoh Kalimat Countable Noun:

Singular
Plural
1.      She has a brother.
(Dia memiliki seorang kakak laki-laki)

2.      I have a guitar.
(Saya punya sebuah gitar.)
                                          
3.      He sent the letter for his mother.
(Dia mengirim surat untuk ibunya.)

4.      My boyfriend bought me a bag.
(Pacar saya membelikan saya sebuah tas.

5.      I have been working as a manager for a year.
(Saya telah bekerja sebagai seorang manager selama satu tahun.)


6.      My Mom baked a cake.
(Ibu saya memanggang sebuah kue.)

7.      That doll is from my boyfriend.
(Boneka itu dari pacar saya.)

8.      I hate this photo.
(Saya tidak suka foto ini.)

9.      There was a boy on the field.
(Ada seorang laki-laki di lapangan.)

10.  I have a dog.
(Saya punya seekor anjing.)

11.  He bought a shirt.
(Dia membeli sebuah kaos.)

12.  I need a car.
(Saya butuh sebuah mobil.)

13.  Fei has a bicycle.
(Fei punya sebuah sepeda.)

14.  I eat an apple.
(Saya makan sebuah apel.)

15.  Zion read a novel.
(Zion membaca sebuah novel.)


She has three brothers.
(Dia memiliki tiga orang kakak laki-laki)

I have two guitars.
(Saya punya dua gitar.)

He sent the letters for his mother.
(Dia mengirim surat-surat itu untuk ibunya.)

My boyfriend bought me four bags.
(Pacar saya membelikan saya empat tas.)

I have been working as a manager for two years.
(Saya telah bekerja sebagai seorang manager selama duatahun.)

My Mom baked two cakes.
(Ibu saya memanggang dua buah kue.)

Those dolls are from my boyfriend.
(Boneka-boneka itu dari pacar saya.)

I hate these photos.
(Saya tidak suka foto-foto ini.)

There were many boys on the field.
(Ada banyak laki-laki di lapangan.)

I have two dogs.
(Saya punya dua ekor anjing.)

He bought three shirts.
(Dia membeli tiga kaos.)

I need two cars.
(Saya butuh dua buah mobil.)

Fei has two bicycles.
(Fei punya dua buah sepeda.)

I eat three apples.
(Saya makan tiga buah apel.)

Zion read two novels.
(Zion membaca dua novel.)



Yang perlu diperhatikan dalam perubahan bentuk singular ke plural pada countable noun mengikuti aturan regular (pola beraturan) dan irregular (pola tidak beraturan). Seperti pada contoh di atas (car menjadi cars, this photo menjadi these photos, dll).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik