Pengertian dan Contoh Kalimat Transitive Verb

 
Transitive verb adalah kata kerja yang diikuti oleh direct object (objek langsung) untuk menerima aksi dari subjek. Jika tidak ada direct object dibelakang transitive verb maka makna kalimat tersebut akan terdengar janggal. Transitive verb dapat menjawab pertanyaan “what” dan “whom” yang berupa object. Beberapa transitive verb dalam bahasa Inggris diantaranya:

Admire (mengagumi)
Ask(meminta/ bertanya)
Buy(membeli)
Bring(membawa)
Clean(membersihkan)
Eat(memakan)
Explain(menjelaskan)
Give (memberikan)
Learn(mempelajari)
Loves (menyukai)
Leave (meninggalkan)
Make (membuat)
Need (membutuhkan)
Kick(menendang)
Sell (menjual)
Send (mengirim)
Paint (mengecat)
Want(menginginkan)
Write(menulis)
etc.

Contoh Kalimat Transitive Verb:

Keterangan:
Bold= verb
Italic= direct object

1. I admire your painting.
(Saya mengagumi lukisanmu.)

2. Somi asked me to join the study club.
(Somi meminta saya untuk bergabung dengan klub belajar itu.)

3. Siwon bought a new car.
(Siwon membeli mobil baru.)

4. He broughthis girlfriend a bucket of roses.
(Dia membawakan pacarnya serangkaian bunga mawar.)

5. I cleanedmy bedroom.
(Saya membersihkan kamar saya.)

6. I eata cake.
(Saya makan kue.)

7. The manager explains the project to the employees.
(Manager itu menjelaskan proyeknya kepada para pegawai.)

8. He gaveme a ring.
(Dia memberi saya sebuah cincin.)

9. Jenie wants a dress with pink colour.
(Jenie menginginkan sebuah gaun berwarna merah muda.)

10. I writea letter for my mother.
(Saya menulis surat untuk ibu saya.)

11. Hani sells her phone.
(Hani menjual telpon genggamnya.)

12. He leftme alone.
(Dia meninggalkan saya.)

13. I loveyou.
(Saya mencintai kamu.)

14. My mother made me vegetables soup.
(Ibu saya mebuatkan saya sup sayur-sayuran.)

15. She needsme now.
(Dia membutuhkan saya sekarang.)

16. I kickedthe ball.
(Saya menendang bola itu.)

17. Jisoo painted the wall in white.
(Jisoo mengecat dinding itu dengan warna putih.)

18. My friend sent me a wedding invitation.
(Teman saya mengirimi saya sebuah undangan pernikahan.)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik