Pengertian dan Contoh Kalimat Infinitive

Infinitive adalah suatu verbal yang terdiri dari particle “to” dan bentuk paling sederhana dari kata kerja (bare infinitive) yang dapat berfungsi sebagai noun, adjective atau adverb. Verbal sendiri adalah suatu kata yang terbentuk dari kata kerja, tapi berfungsi sebagai part of speech yang lain. Infinitive dapat disertai oleh object, modifier, maupun object dan modifier sehingga menjadi infinitive phrase.

Contoh Kalimat Infinitive:

1. I want to buy a new guitar.
(Saya ingin membeli sebuah gitar baru.)

2. He comes to help me paint my house.
(Dia datang untuk membantu saya mengecat rumah.)

3. She asked me to come to her birthday party tonight.
(Dia meminta saya untuk datang ke pesta ulang tahunnya nanti malam.)

4. I learn to play the piano.
(Saya belajar bermain piano.)

5. My sister wants to go to Bali next holiday.
(Kakak perempuan saya ingin pergi ke Bali liburan yang akan datang.)

6. To geta high score, you must study hard.
(Untuk mendapat nilai yang bagus, kamu harus rajin belajar.)

7. I come here to meet you.
(Saya datang ke sini untuk menemuimu.)

8. My brother doesn’t like to read.
(Kakak laki-laki saya tidaak suka membaca.)

9. He wants me to stay with him.
(Dia ingin saya untuk tinggal dengannya.)

10. We need to talk.
(Kita perlu bicara.)

11. I need to write a letter for my mother.
(Saya perlu menulis surat untuk ibu saya.)

12. I want you to love me.
(Saya ingin kamu mencintai saya.)

13. Jay’s dream is to win a singing competition.
(Impian Jay adalah untuk memenangkan sebuah kompetisi menyanyi.)

14. You need to finish your work as soon as possible.
(Kamu perlu menyelesaikan pekerjaanmu secepatnya.)

15. I want to watch an action movie.
(Saya ingin menonton film laga.)

Jadi secara singkat dapat dikatakan bahwa kalimat menggunakan infinitive adalah kalimat yang hanya memerlukan to+Verb 1 (verb tanpa tambahan -s, -ed, -ing).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik