Pengertian dan Contoh Dependent Clause

Dependent clause merupakan lawan dari independent clause. Jika independent clause adalah klausa yang dapat berdiri sendiri, maka dependent clause merupakan klausa yang tidak dapat berdiri sendiri. Dependent clause adalah klausa yang terdiri dari subject dan verb namun tidak mengandung suatu pikiran yang utuh. Ini karena, dependent clause diawali dengan subordinator (that, because, when, while, etc.) yang membuat arti/ makna dari klausa tersebut menjadi menggantung. Maka dari itu, dependent clause harus disandingkan dengan independent clause untuk membentuk suatu kalimat dengan pikiran yang utuh.


Contoh Dependent Clause:

Keterangan:
Independent clause: Italic
Dependent clause: Bold

1. I bought a new house which is located in Bandung.
(Saya membeli sebuah rumah yang berlokasi di Bandung.)

2. Eventhough it is hard, he still works for Mr.Chen.
(Walaupun sulit, ia tetap bekerja pada Mr.Chen.)

3. I don’t like the cake that you made.
(Aku tidak suka kue yang kamu buat.)

4. Sunny was sleeping when I came to her house.
(Sunny sedang tidur saat aku datang ke rumahnya.)

5. Bandar Lampung is a town where I live.
(Bandar Lampung adalah sebuah kota dimana saya tinggal.)

6. I must go although it is raining.
(Aku harus pergi walaupun sedang hujan.)

7. Niel is a boy who has a nice smile.
(Niel adalah seorang laki-laki yang memiliki senyuman manis.)

8. Her parents are worried because she left the house.
(Orantuanya khawatir karena ia pergi dari rumah.)

9. Crush is a singer that has beautiful voice.
(Crush adalah seorang penyanyi yang bersuara merdu.)

10. Because he feels sick, he decided to go home early.
(Karena dia merasa sakit, dia memutuskan untuk pulang lebih cepat.)

11. I am watching TV while eating.
(Saya menonton TV sambil makan.)

12. Wherever she goes, Zico follows her.
(Kemanapun dia pergi, Zico mengikutinya.)

13. Samuel is my boyfriend who gave me the necklace.
(Samuel adalah pacar saya yang memberikan saya kalung.)

14. I am dancing while listening to music.
(Saya menari saat mendengarkan musik.)

Dependent clause adalah klausa yang terdiri dari subject dan verb tapi tidak memiliki suatu pikiran yang utuh, karena dependent clause diawali dengan subordinator yang membuat makna dari klausa tersebut menjadi menggantung. Agar dependent clause memiliki pikiran yang utuh maka harus disandingkan dengan independent clause.


Pic cr: google.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik