Contoh Tugas Mengarang Bebas Mengisi Hari Libur Sekolah

Contoh Karangan Bebas tentang Mengisi Hari Libur Sekolah - Hai hai sobat bahasa, hari libur telah usai dan kini saatnya kembali ke sekolah. Nah, biasanya bapak atau ibu guru kita akan memberikan sebuah tugas mengarang bebas mengenai kegiatan apa saja yang telah kita lakukan untuk mengisi hari libur kita. 

Nah, untuk membantu Sobat dalam mengarang bebas, artikel kali ini akan menyajikan sebuah contoh karangan bebas. Contoh karangan kali ini adalah karangan yang bertemakan berlibur hari raya di rumah nenek. Baiklah Sobat, tanpa berlama-lama lagi di bawah ini adalah contoh karangan bebas yang bertemakan libur hari raya. Selamat membaca !



Cerita Liburan Hari Raya Idul Fitri


Waktu tak terasa cepat berlalu, kini sudah sampai di penghujung bulan ramadhan. Ada sedihnya bulan yang penuh rahmat segera berakhir. Namun, harus tetap bahagia dan semangat menyambut hari kemenangan. Baju baru, sendal beru, dan jilbab baru sudah siap ku pakai di hari raya idul fitri. aku dan ibu juga sudah membuat kue untuk lebaran, sepertikue cokelat dan kue kacang. Ibu tidak membuat banyak jenis kue karena kami akan mudik ke kampung halaman. 

Di rumah nenek kami akan menginap selama 5 hari. Besok kami akan berangkat ke rumah nenek setelah shalat subuh dan malam ini aku menyiapkan peralatan- peralatan yang akan ak pakai di rumah nenek. Tak lupa aku membawa mukena kesayanganku untuk shlat nanti. Perjalanan ke rumah nenek kami tempuh selama 6 jam. Cukup melelahkan, apalagi hari terakhir puasa, cukup banyak godaan.Sesampainya di rumah nenek badan terasa letih aku mandi dan tidur sebentr. Sore harinya, kami sekeluarga memiliki tradisi mengunjungi ke makam kakek untuk mendoakan.  

Malamnya setelah berbuka sudah ramai sekali suara takbir berkumandang. Banyak- anak- anak yang bermain petasan dan kembang api. Meriahnya.  Jalanan pun ramai karena ada acara takbir keliling- keliling desa. Subhanallah. Hal seperti ini lah yang selalu ku rindukan dan berharap bisa terulang setiap tahunnya. Berkumpul bersama keluarga dan melihat anak- anak bermain riang dengan gema takbir. Pukul 23. 00 aku sudah merasa ngantuk. akhirnya aku memutuskan tidur agar tidak kesiangan shalat id. Keesokan harinya aku bangun solat subuh dan bergegas membantu membereskan rumah. 

Ibu tengah sibuk menyiapkan sarapan pagi. Aku menata kue- kue di atas meja untuk para tamu yang datang berkunjung ke rumah nenek. Setelah itu aku mandi dan berdandan rapi, memakai baju baru dan minyak wangi. Ayah, ibu, nenek, dan adik sudah berkumpul di meja makan untuk menyantap sarapan pagi. Di meja sudah tersedia bermacam makanan, seperti nasi, ketupat, rendang, opor ayam, sambal trasi, sambal kacang. sedap sekali rasanya!

Selesai sarapan, kami sekeluara pergi ke masjid untuk menunaikan ibadah shalat ied. Setelah shalat kami bersalam- salaman saling memaafkan dengan teman- teman yang jarang dan sudah lama tidak bertemu.Setelah selesai solat, kami berkeliling ke rumah sanak saudara untuk bersilaturahmi, bersalam- salaman meminta maaf atas dosa yang selama ini diperbuat baik disengaja atau tidak disengaja. 

Aku bertemu mencicipi makanan dan minuman yang disuguhkan. Enak sekali. Meskipun makanan desa tapi rasanya nyaammmmiiii...! Senangnya berkumpul bersama keluarga tidak hanya sampai di situ saja, karena aku mendapat uang sangu dari nenek dan bude. Sangu tersebut diberikan untuk membeli pulsa katanya. Aku hanya tersenyum manis sambil merasa malu melihatnya. Aku sudah besar tapi masih mendapat uang saku lebaran. Sebenarnya aku ingin menolaknya tapi rezeki tidak perlu ditolak ya toh. 

Kebahagiaan libur lebaran tidak hanya sampai di situ saja. Hari ke dua lebaran Idul Fitri aku berkumpul temu kangen dengan teman- teman kecilku. Kami berkumpul di rumah nenekku. Hanya sekedar berbincang sambil memakan cemilan sudah terasa asyik. Teman- temanku sudah banyak yang berubah sekarang. Fitria contohnya, ia kemarin sudah dilamar oleh kekasihnya. Aku tersenyum bahagian mendengar berita tersebut sembari menyadari bahwa usia kami sudah tidak muda lagi sekarang.

***


Demikianlah artikel kali ini tentang contoh karangan bebas. Semoga contoh karangan ini dapat menjadi referensi yang baik utuk Sobat dalam membuat karangan. Terimakasih telah membaca dan sampai berjumpa kembali dalam artikel-artikel menarik lainnya,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik