Teks Prosedur Komplek Cara Membuat Makanan

Contoh Teks Prosedur Mengenai Makanan - Sobat, teks prosedur adalah teks yang bertujuan untuk membuat para pembaca mengerti bagaiamana cara membuat sesuatu. Salah satu contoh dari teks ini adalah resep.

Nah, berikut ini adalah contoh teks prosedur komplek, yaitu sebuah resep membuat Ayam jamur Vol Au Vent. Semoga teks cara membuat ini dapat menjadi referensi yang baik untuk Sobat semua. Selamat membaca!

Ayam Jamur Vol Au Vent


Vol Au Vent adalah makanan khas dari negeri Perancis yang terkenal sejak tahun 70’ an. Makanan khas negeri menara Eiffel ini disajikan sebagai makanan pastry. Makanan ini telah banyak disajikan di beberapa restaurant terkenal yang menyajikan makanan Perancis di Indonesia. Vol au vent adalah pastry yang diisi dengan sesuatu yang lezat dan pedas, seperti ayam, daging, sayur, dsb. Vol au vent ini juga dapat diisi oleh sesuatu yang manis, seperti buah. Berikut adalah bahan dan cara membuat Ayam Jamur Vol au vent.

Bahan Pastry:


  • 200 gram puff-pastry (kulit pastry) yang siap dipakai.
  • 1 telur (pecahkan dan campur dengan air dalam suatu wadah sebagai pelapis pastry).

Bahan untuk Isi:



  • 1 ons mentega
  • 2 ons jamur kancing
  • 1 bawang putih cincang
  • 1 sdt bubuk daun timi (bisa diganti dengan bubuk daun mint)
  • 2 ons tepung serbaguna
  • Kaldu ayam bubuk secukupnya
  • 1 sdm mustard
  • 2 ons whipping cream
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya
  • Daun parsley (sebagai hiasan)

Bahan Rebusan Ayam:


  • 1 bawang bombai (kupas dan potong menjadi dua bagian)
  • ½ kg daging dada ayam yang telah dicuci.
  • Garam secukupnya.
  • Merica secukupnya.

Cara Membuat: 


  1. Panggang kulit pastry siap pakai sesuai dengan petunjuk di bungkusnya. Usahakan jangan sampai warna kulit pastry terlalu gelap. Jika kulit pastry terlihat sudah mengembang, keluarkan dari oven dan diamkan.
  2. Rebus daging dada ayam, bawang bombai yang telah dikupas dan dipotong menjadi dua bagian, dan air kaldu ayam. Tambahkan air hingga daging ayam tenggelam. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Rebus dan kecilkan api jika air rebusan hampir mendidih. Biarkan air rebusan mendidih dengan api kecil hingga 10 menit.  Matikan kompor dan sisihkan. Tiriskan daging dada ayam yang telah direbus di piring.
  3. Siapkan jamur kancing yang akan di tumis. Panaskan 2 sdm mentega dan tambahkan jamur kancing yang telah dipotong-potong. Tambahkan garam dan merica secukupnya. Tumis jamur kancing hingga berarna kuning keemasan sekitar 3 sampai 4 menit. Tambahkan 1 siung bawang putih cincang dan bubuk daun timi atau daun mint. Aduk merata selama 3 detik. Tambahkan sedikit air dan diamkan sebentar. Kecilkan api dan biarkan air mendidih selama 2 sampai 3 menit. Aduk tumis jamur kancing secara merata.
  4. Masukkan daging dada ayam rebusan yang telah dipotong dadu kedalam tumisan jamur kancing dan aduk rata selama beberapa menit hingga daging ayam tecampur rata dengan bumbu tumisan jamur kancing. Matikan kompor ketika semua bahan sudah tercampur rata.
  5. Panaskan 2 sdm mentega, lalu tambahkan tepung terigu. Aduk secara merata selama satu menit hingga mengental. Jika sudah mengental, tambahkan kaldu ayam secukupnya sambil terus diaduk. Aduk terus hingga kaldu ayam dan tepung tercampur hingga saus terlihat mengental. Tambahkan mustard di saus dan aduk hingga tercampur rata.
  6. Masukkan whipping cream dan aduk rata. Tambahkan tumisan jamur kancing dan daging ayam yang telah dimasak tadi. Besarkan api dan aduk secara merata. Terus aduk selama 2 – 3 menit hingga mendidih dan matikan api.
  7. Lubangi kulit pastry pada bagian tengah dan jangan lubangi hingga ke bagian bawah. Cukup lubangi dengan kedalaman ¾ bagian. Isi bagian tengan kulit pastry tersebut dengan saus krim yang telah dicampur dengan jamur dan daging ayam yang telah dimasak tadi. Hias dengan daun parsley dan Ayam Jamur Vol Au Vent siap untuk disajikan selagi hangat.



Nah, demikianlah artikel kali ini tentang teks prosedur dalam bahasa Indonesia, dimulai dari pengertian teks prosedur dan contohnya. Intinya, teks prosedur adalah teks yang memberikan intruksi atau cara membuat sesuatu dengan jelas. 

Baiklah, sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa kembali pada artikel-artikel menarik lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik