Tips dan Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaik

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan dan Tips Menulis Surat yang Baik dan Benar - Halo Sobat ! Apa kabar ? Nah, artikel kali ini akan memberikan contoh surat lamaran kerja beserta dengan tips-tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar agar surat lamaran kerja kita mencuri perhatian calon boss kita

Baiklah, tanpa berlama - lama lagi, berikut ini adalah tips membuat surat lamaran kerja yang baik dan contoh - contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar.


9 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja Terbaik 


1. Tulis dalam satu lembar

Surat lamaran kerja idealnya ditulis dalam satu lembar kertas. Satu halaman cukup untuk memperkenalkan diri Anda dan menjelaskan posisi apa yang Anda inginkan. Oleh karena itu, buatlah sedetail dan seringkas mungkin agar pembaca tertarik dengan surat Anda dan mengudang Anda ke tahap berikutnya. 

2. Jangan tulis ulang CV Anda

Ketika memperkenalkan diri, jangan mengulang apa yang tertulis di dalam CV Anda. Ceritakan kembali diri Anda dengan bahasa yang berbeda dan menarik. 
Jangan berbelit – belit dalam menulis, buatlah alasan yang jelas untuk “menjual” diri Anda. Tulislah alasan mengapa Anda lebih baik dari pelamar yang lain, tunjukan bahwa Anda memiliki motivasi dan mau berdiskusi dengan pihak perusahaan, dan berikan kontak pribadi Anda agar mereka bisa menghubungi.

3. Bicarakan tentang perusahaan

Lakukan sedikit penelitian mengenai informasi perusahaan. Bicarakan kepada mereka apa yang menarik dari perusahaan tersebut dan apa yang membuat Anda ingin bergabung dengan mereka.

4. Berikan bukti mengenai kualitas Anda

Ceritakan tentang kualitas Anda yang sesuai dengan persyaratan yang diajukan oleh perushaan. Berikan penjelasan yang menyakinkan. Contohnya adalah:
“Sebelumnya saya bekerja di salah satu perusahaan multi nasional yang cukup terkenal di Jakarta selama 3 tahun . . . .”

5. Ceritakan tentang kepribadian Anda

Pastikan surat yang Anda buat dapat merefleksikan kepribadian Anda. Tunjukan bahwa Anda adalah orang yang mereka cari dan tepat untuk menjadi karyawan mereka. 

6. Relevan dan Singkat

Tulis surat lamaran kerja dengan singkat dan relevan dengan CV Anda. Gunakan kata – kata positif dan hindari komentar – komentar negative dan yang penting jangan lebih dari satu halaman.

7. Ketahui siapa yang akan membaca surat Anda

Daripada menulis “Kepada YTH Bapak/Ibu” lebih baik Anda menulis kan nama siapa yang akan membaca surat tersebut, contoh K”epada YTH. Bapak Darwinto selaku . .” Hal ini akan membuat mereka terkesan dengan Anda. 

8. Beri tanda tangan Anda

Tanda tangan sangatlah penting dalam surat lamaran. Oleh karena, itu meskipun surat itu diketik dan dikirim melalui E-mail ada baiknya Anda membubuhkan tanda tangan Anda. 

9. Cek kembali

Sebelum dikirm, pastikan Anda telah mengecek kembali kelengkapan, kerapian, dan bahasa Anda. Pastikan tidak ada kesalahan penulisan atau ejaan yang justru akan membuat diri Anda seperti tidak propsional.



Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar


Contoh 1

Bandar Lampung, 7 Desember 2015


Kepada YTH. Bapak Basuki Wibowo,
General Manager PT. Bukit Manis
Jalan Merdeka, no 1
Bandar Lampung


Dengan hormat,
Berdasarkan informasi yang dapatkan setelah membaca Surat Kabar Bandar Lampung Post, bahwa perusahaan Bapak membutuhkan tenaga kerja untuk mengisi posisi Teknisi, Akuntan, dan Font Office. Melalui surat ini saya mengajukan diri saya untuk mengisi posisi Akuntan di perusahaan yang Bapak pimpin. Berikut ini adalah identitas pribadi saya:

nama                                  : Dandy Ananda Tara 
jenis kelamin                     : Laki - Laki
tempat dan tanggal lahir  : Metro, 1 Januari 1994
pendidikan terakhir          : Sarjana Ekonomi (S1), Universitas Negeri Jakarta
alamat                                : Jl. Kedamaian, no 32, Way Indah, Sukamandi, 
                                           Bandar Lampung, Lampung
no hp                                  : 082176700360

Saya adalah orang yang mampu bekerja baik dalam team maupun individual. Saya juga mampu bekerja dalam tekanan. Motivasi saya ingin bergabung dengan perusahaan ini adalah karena perusahaan ini memiliki pelayana publik nomor satu di Provinsi Lampung.

Untuk bahan pertimbangan Bapak, bersama surat lamaran ini saya melampirkan:

1. Pas foto terbaru 3 X 4, 5 lembar
2. Foto copy KTP, 2 lembar
3. Foto copy Ijazah S1 dan transkip nilai
4. Surat Berkelakuan Baik dari Kepolisian
5. Daftar riwayat hidup 
6. Surat keterangan Pengalaman Kerja

Demikianlah surat lamaran kerjaan ini saya buat, Saya menunggu kesempatan wawancara yang pada jam dan waktu yang Bapak tentukan.

Atas perhatian dan kebijaksanan Bapak saya ucapkan terimakasih.


Dengan Hormat, 



Dandy Anandatara




Contoh 2


Bandar Lampung,  9 Desember, 2015


Kepada YTH:
Ibu Nurlela
Manager Personalia
Bahasa Inggris Course
Jl. Merdeka, no.1 9, Bandar Lampung
Lampung


Dengan hormat,
Setelah membaca lowongan pekerjaan yang menyatakan bahwa Bimbingan Belajar Course sedang membutuhkan guru Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, dan Matematika. Melalui surat ini saya mengajukan lamaran sebagai guru Bahasa Indonesia di bimbingan belajar yang Ibu pimpin.

Saya Ari Nugraho. Saya adalah seorang pria berumur 22 tahun. Saat ini saya sedang menempuh pendidikan di Universitas Lampung, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Saya adalah seorang yang memiliki tanggung jawab dan mangemen waktu yang baik. Selain itu, saya juga memiliki motivasi untuk berkembang. Motivasi saya mendaftar di Bimbingan Belajar ini adalah untuk mencari pengalaman sebelum benar – benar menjadi guru. Saya yakin bisa bekerja sama dengan team dan juga dapat memberikan kontribusi yang baik bagi Bimbingan Belajar Course.
Sebagai bahan pertimbangan Ibu, saya melampirkan :

1. Foto copy transkip nilai semester tearakhir
2. Foto copy KTM
3. Foto copy KTP
4. Curriculum vitae
4. Pas foto 3 X 4 terbaru, 5 lembar

Demikianlah surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Besar harapan saya untuk dapat bergabung dengan Bimbingan Belajar Course.

Atas perhatian dan kebijaksanaan Ibu, saya mengucapkan terimakasih.
                                                  

                                                                                                                    Dengan Hormat,



Ari Nugroho 




Demikianlah artikel kali ini mengenai contoh dan tips menulis lamaran kerja yang baik dan benar. Semoga artikel tentang cara tips cara menulis surat lamaran kerja dan contoh surat lamaran kerja terbaik ini bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat buat Anda. 

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini. Terimakasih telah berkunjung dan membaca. Sampai jumpa pada artikel menarik lainnnya di dalam blog ini. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik