Bacalah Contoh Pidato Hari Buruh Internasional Singkat !

Contoh pidato singkat Hari Buruh Internasional - Halo Sobat bahasa, sebentar lagi kita akan memasuki bulan Mei dan tentunya Sobat tahu bahwa bulan ini adalah bulan yang sangat spesial bagi parah buruh. Yap, tepat tanggal 1 Mei setiap tahunya ditetapkan sebagai Hari Buruh Internasional. 

Oleh karena itu, kali ini kita akan menyajikan sebuah contoh pidato pendek tentang peringatan hari Buruh Intenasional. Namun, sebelum memasuki contoh pidato hari buruh ada baiknya bagi kita untuk mengulas sedikit tentang pidato sehingga Sobat menjadi lebih paham dan mudah dalam membuat sebuah pidato. Baiklah, tanpa berlama-lama lagi, di bawah ini adalah pembahasan pidato dan contoh pidato pendek memperingati hari buruh internasional. 



PIDATO


A. Pengertian Pidato

Pidato adalah sebuah pernyataan atau sebuah alat komunikasi  yang disampaikan seseorang kepada sekumpulan orang. Dalam kehidupan sehari- hari pidato sering disampaikan oleh seseorang / tokoh bertujuan untuk :

1. memberikan informasi (informatif),
2. menghibur (rekreatif)
3. mempengaruhi  sekelompok orang. 
 


B. Metode Pidato

Dalam menyampaikan pidato seseorang dapat menggunakan metode seperti berikut:

1. Metode naskah
metode naskah adalah pidato yang disampaikan menggunakan naskah, biasanya disampaikan untuk menyampaikan pernyataan resmi, seperti pidato kenegaraan, pidato sambutan hari besar, dan lain-lain.

2. Metode menghafal
metode menghafal yaitu metode pidato yang dilakukan dengan cara merencanakan, menyusun naskah, kemudian menghafal naskah.

3. Metode ekstemporan
metode ektemporan dilakukan tanpa menggunakan naskah, pembicara pidato  hanya menggunakan kerangka isi pidato.
 
4. Metode impromtu
metode impromtu merupakan metode pidato tanpa adanya persiapan.

C. Kerangka Teks Pidato

Susunan pidato adalah sebagai berikut:

1. Bagian pembukaan, yakni terdiri dari salam pembuka
2. Sapaan hormat
3. Ucapan syukur
4. Bagian pendahuluan yang sedikit menggambarkan isi pidato
5. Isi pidato
6. Penutup (simpulan, ajakan, ucapan terima kasih dan permintaan manfaat)
 

Untuk lebih memahami pidato berikut ini penulis berikan contoh tentang pidato hari buruh. Hari Buruh Internasional adalah hari untuk menghargai dan menghormati para buruh yang setiap harinya bekerja mencari upah. Hari buruh yang diperingati setiap tanggal 1 Mei.

 

Pidato Hari Buruh


Assalamualaikum waroh matulloh hiwabarokatuh,
Selamat pagi san salam sejahtera bagi kita semua.

Puji syukur kehadirat Alloh SWT atas segala rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di sini  dalam rangka peringatan hari buruh dunia.  Hadirin yang saya hormati.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang hari buruh. Buruh adalah profesi yang pekerjaanya  menggunakan tenaga dan kemampuannya untuk mendapatkan balasan berupa pendapatan upah baik berupa uang maupun bentuk lainya dari majikan atau bosnya. Profesi buruh sering dianggap  remeh karena termasuk ke dalam pekerja kasar dan rendahan. Contoh profesi buruh seperti  kuli bangunan, kuli pabrik, dan lain- lain. Tidak hanya pekerjaannya yang berat gaji mereka pun terkadang hanya pas- pasan, sehingga mereka kurang mendapat penghidupan yang layak. 

Hidup sederhana, upah hanya cukup untuk biaya sehari- hari. Namun, mulai saat ini kita sebagai masyarakat Indonesia yang terdiri dari berbagai macam profesi hendaknya tidak tidak boleh menganggap remeh dan rendah parah buruh.  Sebab semua profesi tetaplah mulia karena buruh mencari uang dengan cara yang halal. Mereka bekerja sangat keras untuk mendapat upah. Tanpa adanya buruh mungkin pekerjaan berat tidak akan terselesaikan.
 
Sekian yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf dan kepada Alloh saya mohon ampun. Saya ucapkan selamat hari buruh untuk semua buruh di Indonesia maupun buruh yang ada di luar negeri.

Wassalamualaikum waroh matullohi wabarokatuh.





Baiklah Sobat, tentunya setelah membaca pembahasan pidato dan contoh pidato hari buruh internasional di atas Sobat telah memahami apa itu pidato. Sampai di sini dahulu perjumpaan kita kali ini semoga artikel kali ini dapat menjadi referensi yang baik untuk Sobat semua. Terimakasih telah membaca dan sampai jumpa dalam artikel menarik lainnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik