Baca Contoh Percakapan Kalimat Kritikan dan Pujian !

Contoh Percakapan 3 Orang Menggunakan Kalimat Kritikan dan Pujian dalam Bahasa Indonesia - Sobat, artikel yang lalu, kita telah membahas tentang kalimat pujian dan kalimat kritik yang membangun

Nah, artikel kali ini akan menyajikan dua buah contoh percakapan yang dilakukan oleh 3 orang sahabat dan menggunakan kalimat kritik dan pujian. Tanpa berlama - lama lagi, berikut ini adalah contoh percakapan kalimat kritik dan pujian.  


Contoh Percakapan 1


Dika : Anggi, Penampilanmu dalam membacakan puisi tadi sangat mengagumkan.

Anggi : Benarkah ? 

Dika : Iya, kamu membawakannya dengan penjiwaan yang sangat kuat. Kamu seolah – olah tidak membaca sebuah teks puisi, tetapi hatimu sendiri yang mengatakannya. 

Anggi : Terimakasih Anggi, Aku memang telah berusaha sekeras mungkin dalam membawakan puisi itu.

Dewi : Aku setuju dengan Anggi. Kamu membacakan puisi itu dengan sangat baik. Namun, sebenarnya akan lebih baik lagi jika kamu membaca dengan intonasi yang jelas dan mengenakan kostum yang mendukung.

Dika : Jadi menurut kamu intonasi dan kostum yang dia pakai belum memuaskan.

Dewi : Iya benar. Kamu sudah menjiwai isi puisi tersebut dengan baik, tetapi sayang intonasi yang kamu keluarkan tidak terlalalu jelas, sehingga terdengar seperti samar – samar. Khususnya pada penekanan kata “aku sedih” Kamu membacakannya dengan nada yang terlalu sedih, sehingga kata sedih tidak terdengar sama sekali. Selain itu, masih banyak pula kata – kata yang terdengar samar. 

Anggi : Hmm aku tidak menyadarinya. Mungkin itu karena aku terlalu menjiwai isi puisinya, sehingga aku tidak sempat lagi memperhatikan intonasi. Lalu, bagaimana dengan kostumku ?

Dewi : Kostum yang kamu pakai sudah baik, tetapi kurang pada bagian detail. Puisi ini menceritakan tentang seorang pengemis yang sedih, bukan ? Pakain yang kamu pakai kurang detail seperti, lusuh, maupun sedikit sobek. Coba saja, kostummu seperti itu, pasti penampilanmu tadi lebih hebat daripada kata mengagumkan.

Dika : Apa yang Dewi katakan ada benarnya juga. Tetapi secara keseluruhan penampilanmu tetap yang terbaik daripada kontestan yang lainnya. Aku yakin kamu pasti menjadi juara dalam perlombaan ini.

Anggi : Iya, aku menerima apa yang dikatakan oleh Dewi. Baiklah, terimakasih Dika dan Dewi. Semoga kedepannya aku jauh lebih baik lagi dalam memabaca puisi. 


Contoh Percakapan 2


Nyoman : Teman – teman, aku mencoba resep yang ibu berikan kemarin. Maukah kalian mencicipi dan mengometarinya ?

Chairul : Boleh kok ! Kalau soal makan, kami berdua juaranya. Iya kan Aria?

Aria : Hhe. Sepertinya sih begitu.

Chairul : Mmm. Masakan mu enak sekali. Pedasnya sangat terasa di lidahku, Kamu memang chef yang paling hebat di dunia setelah ibuku. 

Nyoman : Terimakasih, tetapi sepertinya aku masih jauh dari kata chef terhebat di dunia. 

Aria : Kalau menurutku, makanan mu ini terlalu pedas. Kamu pasti memasukkan lada yang banyak di dalamnya. Mungkin bagi sebagian orang makanan ini sangatlah enak. Tetapi, kamu juga harus tahu bahwa tidak semua orang menyukai pedas. Jadi, lebih baik lagi jika kamu menambahkan lada sewajarnya saja. 

Chairul : Apa kamu tidak suka dengan makanan pedas ?

Aria : Aku suka, tetapi sepertinya ini sudah terlalu pedas. Bisa – bisa perutmu menjadi sakit nanti karenannya.

Nyoman : Ohh seperti itu ya ? Hmm baiklah lain kali aku akan mencoba untuk mengurangi sedikit lada di dalam masakanku.

Aria : Iya lain kali, kamu jangan hanya membuat makanan yang enak saja, tetapi kamu juga harus memperhatikan apakah makanan itu baik bagi kesehatan atau tidak. Kamu chef yang berbakat, tetapi kamu harus berlatih lagi agar masakanmu menajdi masakan yang lezat bagi semua orang.

Chairul : Benar apa yang dikatakan Aria. Kami bahkan tidak bisa membuat masakan sepertimu. Oleh karean itu, kamu pintar memasak dibandingkan kami.

Nyoman: Baiklah, terimakasih teman – teman atas saran kalian. Mulai dari sekarang aku akan lebih rajin lagi dalam memasak. 




Dua buah contoh percakapan di atas adalah contoh percakapan yang dilakukan oleh tiga orang sahabat dengan mengunakan kalimat kritik dan pujian. 

Sampai di sini perjumpaan kita kali ini dalam artikel contoh percakapan kritik dan pujian. Terimkasih telah membaca dan sampai jumpa lagi dalam artikel - artikel menarik lainnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Explanation Text tentang Banjir dalam Bahasa Inggris

55 Contoh Slogan Anti Narkoba Terbaik

Contoh Karangan Narasi Berlibur ke Pulau Bali Terbaik